Minggu, 21 Oktober 2012

RISALAH NABI MUHAMMAD SAW


Risalah adalah wahyu yang di berikan oleh ALLAH SWT kepada Nabi Muhammad SAW.
Nabi Muhammad SAW adalah keturunan Nabi Ibrahim AS, karena Nabi Ibrahim adalah bapak para Nabi.

Rasulullah SAW dilahirkan dari Ibu bernama Siti Aminah binti Wahab dan Ayah bernama Abdullah bin Abdul Mutholib. Rasulullah dilahirkan pada hari senin tanggal 12 Rabiul Awal yang bertepatan dengan tahun gajah, 20 April 571 Masehi. Mengapa disebut tahun gajah, karena pada waktu itu terjadi suatu peristiwa besar, yaitu datangnya pasukan bergajah menyerbu Makkah dengan tujuan menghancurkan Ka’bah. Yang dipimpin oleh Abrahah.

Rasulullah dilahirkan dalam keadaan yatim karena ayahnya, Abdullah meninggal dunia kira – kira 7 bulan sebelum beliau lahir. Awalnya Rasulullah yang masih bayi diserahkan perawatannya kepada Halimah binti Abi Dhu'aib. Rasulullah tinggal di lingkungan Bani Sa’ad selama 5 tahun. 

Lalu ketika berusia 6 tahun Rasulullah di ajak ibunya ke Madinah untuk diperkenalkan kepada sanak saudaranya dan untuk ziarah ke makan ayahnya. Tidak lama kemudian ketika sampai di desa Abwa ibunya jatuh sakit dan meninggal, lalu beliau dibawa pulang ke Makkah oleh Ummu Aiman yg turut pula mengasuhnya.

Kemudian beliau di asuh kakeknya Abdul Muthalib selama 2 tahun. Tak lama kemudian kakeknya Abdul Muthalib pun meninggal, lalu kemudian ketika berusia 9 tahun Rasulullah di asuh oleh pamannya Abu Tholib yang keluarganya miskin, berkekurangan lalu ketika beliau mengurus Muhammad ALLAH melimpahkan rizki kepada Abu Thalib.

Saat Umur 12 tahun Rasulullah di ajak pamannya berdagang dan bertemu Ahli Injil & Taurat. Lantas ahli Kitab itu berpesan kepada pamannya untuk menjaga Muhammad, karena akan menjadi Rasulullah. Di sisi lain terdapat kaum kafir yang tidak mau Muhammad menjadi Rasul.

Ketika mulai dewasa Rasullullah bertemu dan berkenalan dengan Khadijah janda cantik. Dan saat Rasulullah berdagang semua dagangannya laku, laris dan habis karena aura, kejujuran dan amanah rasulullah. Pada saat itu Rasulullah di beri keuntungan yang luar biasa dan di berkahi ALLAH SWT.

Rasulullah menikah dengan Khadijah, pada usia 25 tahun, sementara Khadijah berusia 40 tahun. Kemudian menjelang usianya yang ke 40 tahun, Rasulullah berkhalawat di gua Hira. Beliau melakukan ini karena merasa sangat prihatin dengan keadaan masyarakat Arab yang menyembah berhala. Pada tanggal 17 Ramadhan/ 6 Agustus 611, Ketika Rasulullah SAW sedang berkhalawat di gua Hira, datanglah malaikat jibril membawa wahyu dari ALLAH SWT. Wahyu yang pertama kali turun ini adalah QS Al ‘Alaq ayat 1-5, yang menandai pengangkatan Muhammad sebagai Rasul ALLAH SWT.

Setelah menerima risalah kenabian, lalu tugas pertama Rasulullah adalah menyampaikan risalah yaitu berupa tugas menyebarkan agama ALLAH SWT ke seluruh umat Jahiliyah. Rasulullah berprinsip ketika ia sudah menyebarkan agama Islam sampai matipun ia akan menyebarkan agama Islam.  Berawal dari lingkungan keluarga, lingkungan sekitar, dan seterusnya. Itupun masih banyak umat Jahiliyah yang tidak suka dengan perbuatan Rasulullah tersebut dan menyebarkan finah dan perbuatan buruk lainnya terhadap Rasulullah. Namun karena keteguhan hatinya Rasulullah menyebarkan agama ALLAH SWT, alhasil banyak pula yang mengikuti ajaran Islam dan Rasulullah pun di kenang dari Mekkah - Madinah dan sekitarnya. Bahkan para raja -raja di daerah sekitar menyambut Rasulullah dalam upaya penyebaran agama ALLAH SWT.

Setelah itu turun wahyu kedua, yaitu surat Al Muddatsir ayat 1-7 yang isinya memerintahkan Rasulullah untuk berdakwah. Maka mulailah Rasulullah mendakwahkan agama Islam di tengah- tengah kesesatan masyarakat Arab Jahiliyah. Dakwah ini mulai dilakukan Rasulullah, Kemudian beliau mulai berdakwah secara diam-diam dilingkungan keluarga dari rumahnya sendiri, serta dikalangan rekan-rekannya. Setelah beberapa lama menjalankan dakwah dengan diam-diam, turunlah perintah untuk berdakwah secara terang-terangan. Maka mulailah Rasulullah dan para pengikutnya mendapat perlakuan yang keras dari kaum musyrik Mekkah. Namun mereka tetap teguh dalam keimanannya. Sampai akhirnya ALLAH SWT berkehendak menurunkan perintah hijrah. Jadi Rasulullah berdakwah disana kurang lebih 10 tahun dan pindah di Madinah kurang lebih 12 tahun.

Sampai di Madinah Rasululllah disambut baik oleh umat Islam dimudahkan dalam menyampaikan dakwah kepada semua rakyat Madinah, dengan kekuatan Islam yang sangat kuat, Rasulullah kembali ke Mekkah dan mendapatkan perlawanan dari kaum kafir qurais dan lama - kelamaan, satu per satu kaum kafir qurais masuk dan menjadi umat Isalam walau tak semua tetapi perlahan- lahan pun rakyat Mekah menjadi menganut ajaran ALLAH SWT yaitu agama Islam. Kemudian Rasulullah melaksanakan haji wada’. Dua bulan setelah haji wada’, Nabi sakit dan tak berapa lama kemudian, tepatnya pada hari senin tanggal 12 Rabiul Awwal 11 H bertepatan dengan tanggal 8 Juni 632 M, Rasulullah SAW wafat dalam usia 63 tahun.



Kesimpulannya : Rasullullah di angkat menjadi Nabi dan Rasul ketika berusia 40 tahun dan mendapatkannya di Gua Hiro. Rasulullah di utus ke dunia ini untuk menyampaikan wahyu dan menyempurnakan akhlak. Rasulullah dilahirkan pada hari senin tanggal 12 Rabiul Awal yang bertepatan dengan tahun gajah, 20 April 571 Masehi. Rasulullah menerima wahyu tanggal 17 Rabiul awal dan Rasulullah wafat hari senin 8 Juni 632 Masehi.

1 komentar: