Salah satu fungsi utama multimedia
adalah sebagai alat bantu mengajar yang turut mempengaruhi iklim, kondisi, dan
lingkungan belajaryang di tata dan diciptakan oleh guru.Menurut Hamalik dalam
buku Media Pembelajaran mengemukakan bahwa pemakaian media dalam pembelajaran
dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru.
Membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa
pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa.
Multimedia menurut Levie
dan Lentz, mengemukakan empat fungsi multimedia pembelajaran,
khususnya media visual, yaitu :
- Fungsi atensi media visual yang merupakan latihan, yaitu menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi kepada isi pelajaran dengan berkaitan dengan makna visual yang ditampilkan / menyertai materi pelajaran.
- Fungsi afektif visual dapat di lihat dari tingkat kenikmatan siswa ketika belajar (atau membaca) teks bergambar.
- Fungsi kognitif media visual terlihat dari temuan-temuan penelitian yang mengungkapkan bahwa lambang visual / gambar dapat mencapai tujuan untuk memahami dan mengingat informasi atau pesanyang terkandung dalam gambar.
- Fungsi kompensatoris media pembelajaran terlihat dari hasil penelitian bahwa media visual yang memberikan konteks untuk memahami teks membantu siswa yang lemah dalam membaca untuk mengorganisasikan informasi dalam teks dan mengingatnya kembali.
- Alat untuk menyampaikan pengalaman “vocarious”, yaitu menyajikan bahan kepada murid-murid yang sedianya tidak dapat mereka peroleh dengan pengalaman langsung yang lazim di sekolah.
- Alat model yang dapat memberikan pengertian tentang struktur atau prinsip suatu gejala. Misalnya model molekul atau pernafasan, tetapi juga eksperimen atau demonstrasi juga program yang memberikan langkah langkah untuk memahami suatu prinsip, atau struktur pokok.
- Alat dramatisasi, yakni yang mendramatisasi sejarah / peristiwa atau tokoh, film tentang alam yang memperlihatkan perjuangan untuk hidup, untuk memberi pengertian tentang suatu ide atau gejala.
- Alat automatisasi “teaching machine” atau pelajaran berprogram, yang menyajikan suatu masalah dalam urutan yang teratur dan memberi feedback tentang responds murid. Alat ini dapat meringankan beban guru.10 Dengan demikian secara umum multimedia berfungsi untuk mengatasihambatan dalam berkomunikasi, keterbatasan fisik dalam kelas, sikap pasif siswa, dan upaya mempersatukan pemahaman siswa.
http://rahmanarruworlds.blogspot.com/2013/12/peran-dan-fungsi-multimedia-di-berbagai.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar